Hapus 5 Aplikasi Android ini untuk Menjaga Kesehatan Smartphonemu - Pascaldhika

Pascaldhika

Blog Informatika dan Android

Hot

Wednesday, November 16, 2016

Hapus 5 Aplikasi Android ini untuk Menjaga Kesehatan Smartphonemu



Penyebab utama Android sering ngelag/lelet/lemot adalah kapasitas memori RAM yang sudah banyak terpakai salah satunya karena beberapa aplikasi yang memakan memori RAM.

Alangkah baiknya kamu menghapus/mengunistall aplikasi Android dari smartphone kamu 

1. Facebook

Facebook merupakan aplikasi sosmed (sosial media) dengan pengguna paling besar di dunia. Hampir setiap orang memiliki akun Facebook termasuk penulis dan pembaca. Pada sebagian smartphone yang baru di beli akan otomatis terinstall aplikasi Facebook. Facebook memungkinkan setiap pengguna dapat terhubung dengan siapa saja dan dimana saja dengan syarat ada koneksi internet tentunya.
Namun, ada resiko jika menggunakan aplikasi ini, yaitu boros memori RAM sehingga kapasitas memori RAM kita menjadi berurang. Lihat gambar penggunaan RAM pada aplikasi Facebook dibawah ini.
Pada gambar di atas penggunaan RAM aplikasi Facebook sebesar 91 MB dan sangat boros memori apalagi jika kapasitas RAM smartphone mu 512 MB - 1 GB pasti sangat menyiksa.
Solusinya untuk tetap dapat mengakses Facebook, kamu cukup membuka website Facebook dengan browser kesayanganmu. Cara ini akan jauh lebih menghemat RAM sehingga kapasitas RAM otomatis memori RAM akan bertambah dari sebelum menghapus aplikasi Facebook.

2. Weather/Cuaca

Aplikasi cuaca sering digunakan untuk mengetahui kondisi cuaca pada hari ini atau beberapa hari kemudian. Selama Smartphone terkoneksi dengan internet, aplikasi weather/cuaca ini akan selalu mengupdate kondisi cuaca terbaru berdasarkan lokasi yang dipilih pengguna. Aplikasi ini biasanya juga otomatis terinstall pada setiap smartphone yang baru dibeli.




Namun, ketika aplikasi weather/cuaca melakukan update kondisi cuaca akan memakan banyak RAM, apalagi jika pengguna memasang widget aplikasi weather/cuaca pada Homescreen.
Solusinya adalah dengan menghapus/disable aplikasi ini dari smartphone kamu. Sebagai alternatif agar masih bisa mengetahui kondisi cuaca hari ini tanpa harus boros RAM, sebaiknya pergi ke website Google dan menuliskan keyword "cuaca hari ini di - "

3. Antivirus

Tidak dipungkiri lagi jika ancaman virus dapat menyerang smartphone kita kapanpun dan dimana saja. Sebagian besar orang akan menginstall aplikasi Antivirus pada smartphonemereka dan biasanya aplikasi gratis. Menurut saya, Antivirus memang sedikit membantu untuk menghilangkan virus yang menyerang di smartphone kita meskipun tidak semua hilang.

Dibandingkan menginstall Antivirus, sebaiknya mencegah daripada mengobati maksdunya gunakan smartphone secara bijak, internet positif (kebanyakan virus menyebar melalui internet) dan install aplikasi yang resmi dari Google Play Store.
Lagi pula, Android mengklaim sistem operasinya telah terlindung dari berbagai serangan dan mengakomodasi sistem enkripsi. Google juga semakin tanggap dalam mengidentifikasi dan menghapus aplikasi berbahaya.

4. Aplikasi Cleaner dan Boost

Aplikasi Cleaner maksudnya aplikasi pembersih sampah di Android, contohnya Clean Master, CC Cleaner, Speed Booster dan aplikasi sejenisnya. Pada setiap aplikasi cleaner dan boost menjanjikan pembersihan sampah dan meningkatkan kinerja Android tetapi aplikasi-aplikasi yang telah terhapus terkadang menyisakan beberapa data tersembunyi (cached data) yang juga memakan RAM. Secara logika ketika kita menginstall aplikasi cleaner dan boost otomatis RAM smartphone akan berkurang juga. Selain menyisakan sampah, juga menghabiskan daya baterai, penyebabnya adalah iklan in-app di dalamnya yang sering muncul dan mengambil kuota internet.

Sebaiknya, aplikasi cleaner dan sejenisnya di hapus/ uninstall dari smartphone. Solusinya kamu bisa menghapus cached data dengan pergi ke Setting - Storage/penyimpanan - klik pada cached data atau Setting - apps - downloaded - pilih salah satu aplikasi - klik clear cache.

5. Aplikasi browser bawaan

Di banyak kasus pada setiap smartphone terinstall lebih dari satu aplikasi browser misalnya Google chrome, UC Browser dan browser bawaan tentunya. Menurut saya, kinerja browser bawaan masih kalah dengan Chrome, UC Browser dan aplikasi sejenis lainnya baik dari segi kecepatan maupun fitur. Jadi alangkah baiknya aplikasi browser bawaan di hapus/ disable dari smartphone kamu yang nantinya dapat menghemat memori RAM.

Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca ulasan saya tentang Hapus 5 Aplikasi Android ini untuk Menjaga Kesehatan Smartphonemu agar smartphone kamu lancar jaya dan tidak lelet/lemot lagi. Untuk mengujinya silahkan terapkan cara-cara di atas pada smartphone masing-masing. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian. Sekian dan semoga bermanfaat :))

4 comments:

  1. nice info for share and beautiful templet. yes

    ReplyDelete
  2. Your article is extremely good.I love to read your blog's posts everyday and I got huge help from your blog and developed a new app android game hacker list you can check.Thanks for amazing blog.

    ReplyDelete
  3. Hi This is SRK i'm suggesting you this is app Board Kings Mod Apk

    ReplyDelete